Penyebab Mac address tidak terdetek Winbox

Kenapa Mikrotik saya tidak terdeteksi ketika di Search di Winbox?
Kenapa Mikrotik saya tidak bisa konek Winbox via MAC Address?

Mungkin dua pertanyaan ini pernah keluar dari pikiran anda ketika mau mengakses Mikrotik via Winbox tapi tidak bisa.  nah itu juga saya alami juga tapi anehnya kalau dengan IP address di Mikrotik bisa login.  iya kalau kita inget IP Address pada port tertentu atau memang sudah anda seting terlebih dahulu, nah kalau tidak bingung deh hehehe.. jgn buru-buru menyalahkan kerusakan Mikrotik atau port LAN anda Nah, kali ini saya akan mencoba menjelaskan dan menjawab pertanyaan tersebut.

Pada dasarnya Winbox adalah sebuah utility yang digunakan untuk melakukan remote ke server mikrotik dalam mode GUI (Graphical User Interface). Jadi dengan ini anda tidak perlu repot-repot mengetikkan perintah-perintah Mikrotik, hanya tinggal klik saja. Biasanya kita tinggal search aja di menu […] di samping Connect to maka Mikrotik kita akan terdeteksi. Selanjutnya kita bisa memilih untuk konek Mikrotik ke Winbox via IP address atau MAC Address, seperti gambar berikut ini :

Winbox Mikrotik

Ada beberapa kemungkinan :
1. Mikrotik belum terkoneksi dengan benar ke PC/Laptop
Jika menggunakan Kabel, cek kabel UTP nya apakah memang bisa digunakan.
Jika menggunakan Wireless, pastikan Laptop sudah terkoneksi dengan SSID Mikrotik nya dengan baik.
Jika menggunakan Wireless Hotspot, Pastikan anda sudah LOGIN ke hotspot Mikrotik dulu via web browser.

2. Mikrotik anda Hang/Crash, sehingga tidak terdeteksi. Solusinya coba restart Mikrotik nya dengan mencabut dan memasang kembali kabel power nya.

3. PC/Laptop yang digunakan terinstall Virtual Adapter dari aplikasi lain, seperti VirtualBox atau VMWare, dsb. Ternyata hal inilah yang selama ini saya alami setelah kedua kemungkinan di atas sudah teratasi. Mungkin hal ini juga yang terjadi pada Laptop/PC anda. Coba anda cek di “Network and Sharing Center” apakah ada virtual adapter lain yang terinstall di PC anda.

4. Terblokir oleh firewall baik firewall bawaan windows maupun dari pihak ketiga misalkan kaspersy firewall dll jika ini terjadi pastikan di sable dahulu

Jika Virtual Adapter lain itu aktif, maka ketika kita coba search Mikrotik di Winbox, Mikrotik nya tidak muncul.

Virtual Host Only Adapter VBOX

Untuk mengatasi hal ini, kita bisa menonaktifkan dulu virtual adapter tersebut dengan masuk ke menu “Change Adapter Settings”.

Disable dulu semua virtual adapter yang terinstall di PC/Laptop kita. Klik kanan di Virtual Adapter –> Klik Disable. Seperti gambar berikut :

3. Virtual Host Only Adapter disable

Jika sudah nonaktif semua, coba search lagi Mikrotik nya di Winbox. Maka M

ikrotik nya pun akan muncul seperti gambar berikut ini :

Winbox Mikrotik

Leave a Reply

%d bloggers like this: